Woow 77.191 Wisatawan Berkunjung ke Lampung Barat

Woow 77.191 Wisatawan Berkunjung ke Lampung Barat

Berdasarkan data Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat, per Oktober 2020 jumlah kunjungan wisatawan di kabupaten setempat mencapai 77.191 orang, yang terdiri dari 77.186 orang nusantara, dan lima orang wisatawan asing.

Kabid Pemasaran Pariwisata Endang Guntoro, SH., mendampingi Kepala Disporapar Lambar Tri Umaryani, SP, M.Si., mengatakan, hingga saat ini Kebun Raya Liwa (KRL) menjadi destinasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan dengan jumlah kunjungan sebanyak 29.649 orang, disusul wisata alam pohon pinus sumberjaya dengan jumlah kunjungan sebanyak 8.250 orang.

”Jumlah kunjungan tersebut dipastikan akan bertambah, mengingat untuk bulan Oktober ini saja baru beberapa pengelola atau Pokdarwis (Kelompok sadar wisata, Red) yang melaporkan jumlah kunjungannya ke kami,” ungkap Endang Guntoro, Senin (26/10).

Dijelaskan, dari 77.191 orang kunjungan wisatawan tersebut berdasarkan hasil pendataan di 26 destinasi wisata yang tersebar di 15 kecamatan di Lambar. Untuk jumlah kunjungan nihil pada awal munculnya pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) tepatnya sekitar bulan April, Mei dan Juni lalu.

”Pada saat awal munculnya pandemi jumlah kunjungan turun drastis, bahkan hanya ada beberapa destinasi saja di tiga bulan tersebut dengan jumlah tidak lebih dari 231 orang, namun di bulan-bulan selanjutnya kembali mengalami peningkatan jumlah kunjungan,” bebernya.

Sementara, dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di tengah pandemi Covid-19, pihaknya akan melakukan peningkatan sumberdaya manusia (SDM) khususnya bagi pengelola atau Pokdarwis di sepuluh destinasi wisata unggulan di kabupaten setempat.

”Kami akan melakukan roadshow di sepuluh destinasi wisata unggulan, selain akan memberikan sosialisasi terkait manajemen pengelolaan di masa pandemi Covid-19 dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya akan melakukan pengambilan video destinasi wisata dengan kondisi riil di lapangan, sebab tren saat ini wisatawan lebih memilih video untuk mengetahui terkait dengan kondisi destinasi wisata yang akan mereka kunjungi, sehingga dalam rangka memasarkan pariwisata unggulan di Lambar maka pihaknya akan memperbanyak pengambilan video sehingga wisatawan nantinya bisa menjadikannya sebagai referensi, untuk memilih destinasi yang akan mereka kunjungi. (nop/mlo) 

Artikel by : https://medialampung.co.id/77-191-wisatawan-berkunjung-ke-lampung-barat


Author

visitlambar.com
Visitlambar.com

Visitlambar.com adalah Platform dan Marketplace yang menyajikan informasi secara lengkap mengenai Obyek Wisata, UMKM & Budaya yang ada di Lampung Barat.