Destinasi Air Terjun Terpopular di Lampung Barat

Destinasi Air Terjun Terpopular di Lampung Barat

Visitlambar.com, Destinasi Air Terjun Terpopular di Lampung Barat - Lampung Barat merupakan daerah yang di kelilingin oleh alam yang seakan tidak pernah ada habisnys, terutama air terjun yang banyak dan pastinya bisa menyejukan hati dan pikiran.

Keistimewaan tersebut makin menjadi kala panorama yang disuguhkan air terjun sangat indah. Bentuk air terjun yang unik dan khas menjadi pemandangan yang akan jarang dijumpai di lokasi lain. Berikut ini adalah destintasi objek wisata air terjun di Lampung Barat yang menarik dan mempesona sehingga bisa menjadi daftar kunjungan anda.

Destinasi Air Terjun Terpopular di Lampung Barat yang akan kami bahas ini adalah detinasi yang mendapatkan review dari google maps yuk kita bahas kira-kira air terjun mana yang paling popular berdasarkan review dan bintang dari google maps.

1. Air Terjun Semantung ( 17 Review / 4.4 )

Air Terjun Semantung memiliki nama asli Air Terjun Bangkuang (Curup Bangkuang). Asal usul nama Bangkuang tersebut karena di sekitar air terjun banyak tumbuhan seperti pandan. Warga sekitar menyebut tumbuhan itu dengan nama Bangkuang.

Lokasi air terjun Bangkuang berada di Dusun Semantung, Pekon Basungan, Kecamatan Pagar Dewa, Lampung Barat.

Nama dusun itulah yang juga melekat ke air terjun tersebut. Sehingga masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama “air terjun semantung”. Demikian cerita Ketua Pokdarwis Pekon Basungan, Pak Roni, kepada rombongan Genpi Lampung Barat dan murid fotografi dari GPS SMAN 1 Liwa, Minggu (12/01/2020).

2. Air Terjun Way Karang ( 48 Review / 4.4 )

Meski sudah bukan lagi wilayah lampung barat Wisata Air Terjun Way Karang di pesisir Krui Kabupaten Pesisir Barat memiliki sejuta potensi wisata alam Destinasi air terjun di kawasan itu diminati wisatawan domestik ataupun mancanegara. Kejernihan airnya ditopang dengan pemandangan yang indah di sekelilingnya. 

Nyatanya warga Lampung Barat masih sering berkunjung ke destinasi ini hanya sekedar berkunjung untuk menghilangkan penat dan menikmati kesejukan alam di sekitar, oh iya meski jarak tempuh dari Kab Lampung Barat terbilang lumayan jauh warga masih sering loh berkunjung ke destinasi ini.

Air Terjun Way Karang mempunyai ketinggian di atas 10meter, sehingga gelombang air yang turun seolah membentuk embun dan indah dipandang mata.

3. Air Terjun Curup Padae ( Review 32 / 4.1 )

Air Terjun Curup Simpang Mutar Alam Way Tenong Lampung Barat  merupakan aliran sungai Campang dan air terjun ini sudah lama dikenal kalangan anak muda di Way Tenong Khususnya warga Simpang Mutar Alam.  

Air terjun ini tidak begitu tinggi kurang lebih 5 meter tetapi karena aliran airnya yang deras dan jernih serta adanya bentuk kolam membuat orang tertarik untuk datang ke air terjun ini. Pada saat musim hujan air agak keruh bahkan jika ada hujan di hulu tidak jarang sering terjadi air bah. 

Untuk menuju  Air Terjun Curup Simpang Mutar Alam ini yaitu ke Mutar Alam lalu melewati samping rumah bapak Celun terus ikuti jalan menuju air terjun / curup ini. Ke air terjun ini tidak berbayar hanya saja dikenakan biaya parkir dan biaya ruang ganti / salin bagi  mandi di air terjun ini. 

4. Air Terjun Mbah Gimo ( Review 14 / 4.6 )

Wilayah Kabupaten Lampung Barat yang didominasi oleh perbukitan dan pegunungan membuat banyak potensi wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah wisata Air Terjun Mbah Gimo yang akan kita bahas kali ini.

Berada diantara perbukitan dan perkebunan kopi, Air Terjun yang berlokasi di Air Hitam Lampung Barat patut anda jadikan sebagai daftar kunjungan. Keindahan air terjun yang nampak seperti tirai dengan debit air yang besar berpadu dengan panorama alam disekitarnya akan membius mata.

Air Terjun Mbah Gimo merupakan salah satu diantara banyaknya air terjun yang ada di Lampung Barat. Keindahan air terjun ini juga tak kalah dengan salah satu air terjun indah lainnya di Lampung Barat yakni Air Terjun Sepapah Kiri dan Sepapah Kanan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Mbah Gimo

Air terjun ini beralamat di Talang Mbah Gimo, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat. Lokasi air terjun ini berada diantara kebun kopi milik masyarakat. Jika dari Bandar Lampung, jaraknya sekitar 195 km dengan waktu tempuh hampir lima jam perjalanan.

5. Air Terjun Cengkaan ( Review 50 / 4.5 )

Pesona Air Terjun Cengkaan itu lumayan menarik hati ya. Melihat fotonya di beberapa akun instagram dan video di youtube kawan, akan membuat yang melihatnya ingin segera berkunjung ke Sumber Jaya di Lampung Barat.

Air Terjun Cengkaan juga dikenal dengan nama Air Terjun Gading. Cocok untuk rekreasi bagi traveler yang suka dengan wisata petualangan Suasana di sekitar air terjun pun masih asri. Rimbun oleh banyaknya pepohonan.

Lokasi Air Terjun Cengkaan

Arter Cengkaan atau Air Terjun Gading berada di Desa Way Petay, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung Berjarak sekitar 75 kilometer dari Liwa, 73 kilometer dari Kotabumi, 29 kilometer dari Bukit Kemuning.

Sedangkan dari Kota Bandar Lampung sekitar 182 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 40 menit via jalan tol.

Nah itu tadi adalah sedikit informasi yang kami dapatkan berdasarkan informasi yang terbatas, bagi kalian yang tau akan keberadaan air terjun yang ada di Lampung Barat dan Masih tersembunyi yuk kirim informasi nya ke redaksi kami di whatsapp : 6288215998003

Agar kami dapat mengexplore lebih banyak wisata dan destinasi tersembunyi di Lampung Barat.


Author

visitlambar.com
Visitlambar.com

Visitlambar.com adalah Platform dan Marketplace yang menyajikan informasi secara lengkap mengenai Obyek Wisata, UMKM & Budaya yang ada di Lampung Barat.