Ultimate in Nature of Tourism, Tantangan Zaman dan Peran Kaum Muda

Ultimate in Nature of Tourism, Tantangan Zaman dan Peran Kaum Muda

Lampung Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi lampung yang memiliki dan menyimpan sumber daya potensi daerah yang cukup besar, bentangan alam yang relatif masih sangat alami merupakan salah satu kekuatan yang bisa menjadi pilihan alternatif bagi para wisatawan dengan minat khusus untuk sejenak melepas kepenatan ditengah hingar bingar dan hiruk pikuk kehidupan perkotaan. 

Lampung Barat Salah Satu Sektor Unggulan Ekonomi PAD

Pariwisata Lampung Barat merupakan salah satu sektor unggulan daerah yang diharapkan mampu mengintegrasikan ekonomi kerakyatan dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) secara berkelanjutan, selain faktor atraksi wisata yang menjadi spot center, ada faktor-faktor lain yang mampu menjadi pemicu dan ikut mempengaruhi minat para pelancong, traveller dan wisatawan untuk berkunjung ke Lampung Barat. Tersedianya berbagai macam pilihan kuliner, oleh-oleh khas daerah, pemandu wisata, travel agent, penginapan dan atraksi budaya, merupakan upaya dalam rangka menciptakan ekosistem wisata guna memfasilitasi kebutuhan para pengunjung, hadirnya kombinasi obyek wisata, UMKM, atraksi budaya serta Keramah tamahan masyarakat diharapkan mampu menjadi nilai tambah demi terciptanya kesan yang mendalam bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lampung Barat.

Kultur, Agama, Adat dan Budaya Lampung Barat

Kultur masyarakat yang majemuk menjadi identitas tersendiri bagi Kabupaten Lampung Barat, banyaknya suku, adat, agama dan latar belakang golongan tercermin dalam kehidupan bermasyarakat, ditengah issue primordial dan toleransi yang dewasa ini menjadi topik diskusi nasional, masyarakat Lampung Barat justru mampu membuktikan, menjaga, dan merawat nilai-nilai toleransi itu untuk jangka waktu yang lama. Sampai saat ini pun semangat gotong royong dan semangat kebersamaan masih kental terasa dan menjadi tradisi yang melekat ditengah aktivitas sosial masyarakat lampung barat yang agraris.

Sektor Utama Pertanian Kopi

Pekebunan dan Pertanian menjadi sektor yang utama dalam aktivitas ekonomi masyarakat Lampung Barat, komoditas kopi robusta merupakan produk unggulan daerah yang mana 80% wilayahnya merupakan perkebunan kopi robusta dan menjadi daerah penghasil kopi robusta terbesar di Provinsi Lampung. Kabupaten Penghasil Kopi merupakan brand image dan labeling yang sudah melekat bertahun--tahun lamanya bagi kabupaten yang mempunyai slogan”beguai jejama” atau gotong royong ini. 

Lampung Barat Sumber Daya Wisata Alam Terbesar

Mempunyai sumber daya wisata alam yang begitu besar bukanlah satu satunya jaminan bahwa Mayarakat Lampung Barat bisa melewati tantangan zaman yang begitu cepat berubah dan selalu dinamis. Pola pikir masyarakat harus selalu berbanding lurus dan berkesesuaian dengan kemajuan peradaban karna masyarakat itu dinamis, begitu pula kegiatan ekonominya. kegiatan ekonomi masyarakat Lampung Barat yang berciri agraris tentunya menjadi peluang dan tantangan tersendiri ditengah dinamika transisi masyarakat agraris menuju masyarakat industrialis yang terjadi dimasa depan, masyarakat lampung barat diharapkan mampu beradaptasi dan ikut bertransformasi dengan arus teknologi yang semakin tak terbendung dan menjangkit disegala sendi kehidupan. Bonus demografi atau ledakan penduduk usia produktif yang akan mencapai puncaknya ditahun 2030 merupakan puncak dari tantangan dan peluang itu, dimana perilaku kaum muda akan beralih lebih rasional, analitis, linear, individual, dan sekular yang bisa mengambil jarak dari pertimbangan etis dan spiritual yang bertolak belakang dengan pandangan masyarakat agraris sebelumnya yang berciri siklis, holistik, emosioal, sosial, etis dan spiritual atas sektor ekonomi. perubahan mindset dan inovasi berkelanjutan tentunya diperlukan agar masyarakat lampung barat tetap bisa relevan dengan perkembangan zaman. 

Transformasi Sikap Optimis

Terjadinya transformasi disemua bidang kehidupan masyarakat global menjadi salah satu tantangan sekaligus peluang yang sangat besar apabila disikapi secara optimis, sikap optimis inilah yang diperlukan sebagai pondasi berfikir yang harus ditanamkan dalam diri kaum muda untuk dapat tetap relevan dengan perkembangan zaman, kaum muda harus terus meningkatkan kualitas sumber daya diri, berpegang teguh pada nilai sosial dan norma sosial, Menumbuhkan sikap bangga terhadap identitas daerah sebagai jati diri bangsa serta Meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan, alam dan kelestariannya, semoga potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat dapat termanfaatkan dan terkelola dengan baik oleh kaum muda dimasa depan, dan kaum muda dapat menjadi pelopor penggerak kepariwisataan Lampung Barat dan menaklukan tantangan zaman. Semoga

Article by : Cahya Renaldi Wijaya, S.Pd, M.A.


Author

visitlambar.com
Visitlambar.com

Visitlambar.com adalah Platform dan Marketplace yang menyajikan informasi secara lengkap mengenai Obyek Wisata, UMKM & Budaya yang ada di Lampung Barat.