Menikmati Suguhan Eksotisme Panas Bumi di Lembah Seribu Kawah

Menikmati Suguhan Eksotisme Panas Bumi di Lembah Seribu Kawah

Visitlambar.com, Menikmati Suguhan Eksotisme Panas Bumi di Lembah Seribu Kawah - Menyambangi dan menikmati suguhan eksotisme panas bumi di ujung pulau sumatera dapat menjadi rencana liburan kita mendatang. Suoh merupakan bagian dari Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung.

Dengan waktu lebih kurang 3,5 - 4 jam dari ibu kota Provinsi Lampung melalui perjalanan darat, menembus rimbunnya hutan dan perkebunan kopi kita akan sampai ke pusat ibu kota Lampung Barat.

Lampung Barat sebagai wilayah berbukit akan menarik perhatian dan membuat jatuh cinta para pelancong bahkan saat mereka pertama kali mengenalnya. Perjuangan dan kekaguman kita akan negeri “asal saibatin” ini belum selesai sampai disini, karena untuk mencapai Suoh kita masih harus menempuh perjalanan -/+ 1,5 Jam dari Kota Liwa yang merupakan ibu kota Kabupaten Lampung Barat, dengan melalui perkampungan tradisional yang bercirikan pemukiman masyarakat melayu pada umumnya, dengan ornament khas Lampung Barat berupa rumah-rumah panggung yang berbaris rapat, halaman-halaman luas di depannya dan kopi-kopi yang terhampar mulai mengering dibuai hangatnya matahari diayun dinginnya kabut menyambut kita dengan hangatnya, pemandangan yang sulit kita temui ditempat lainnya, tetapi masih sangat mudah kita nikmati di Bumi Sekala Bekhak ini. 

Dengan perjalanan panjang dan akses jalan yang kini lambat laun mulai di perbaiki dan sudah cukup memadai, menjadikan perjalanan ini tidak begitu melelahkan, ditambah lagi pemandangan perbukitan hijau yang sungguh membuat mata terbelalak kagum akan gradasi warna yang terlukis dari anugerah manis ciptaan Tuhan.

Naik turunnya jalan yang cukup terjal, menembus hutan hujan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), melalui sungai hingga persawahan yang membentang luas, akhirnya tiba lah kita di Kawasan Panas Bumi Suoh yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Ditempat indah yang tercipta dari hamparan lembah luas dan dikelilingi perbukitan ini terdapat 3 (tiga) danau indah nan eksotis, dengan air yang biru bak kristal, dengan biota yang hidup didalam dan sekelilingnya juga kearifan lokal yang tak bisa lepas dari daya tarik yang disajikan oleh salah satu kabupaten terluar Provinsi Lampung ini. Danau Lebar, Danau Minyak dan Danau Asam warga menyebutnya, danau yang membawa kehidupan dan penghidupan bagi warga sekitar. 

Dan selanjutnya masih ada eksotisme tersimpan dan tersembunyi didepan sana, ada dua akses untuk menuju tempat ini, yang pertama melalui Danau Lebar dan selanjutnya menggunakan jasa ojek dengan perjalanan -/+ 5-10 menit dan langsung tiba di lokasi. Selain itu bisa melalui Danau Asam dengan perjalanan 15 menit menggunakan perahu mesin berkapasitas 10 orang dan berjalan kaki melewati pasir kuning dengan hamparan pasir berwarna kuning serta melewati savana yang menghijau dan atau menembus hutan perawan lebat dengan ilalang dan bait-bait bergelantungan selama lebih kurang 20-30 menit akhirnya sampailah kita di Surga dunia yang tersembunyi ini. “Keramikan” demikian masyarakat suoh menamakan tempat ini, sebuah tempat yang menakjubkan, berupa lantai endapan sulfur, inilah yang disebut sebagai keramikan oleh masyarakat yang bermukim di suoh, dari kasat mata ketebalan lantai “keramikan” ini hanya sekitar 20cm, dibeberapa bagian terlihat retakan dan rapuh, sebuah fenomena indah sekaligus berbahaya, untuk itu ketempat ini harus didampingi oleh guide lokal.

Melanjutkan perjalanan sekira 10-15 menit dengan berjalan kaki, kita akan menemui “Kawah Nirwana”, demikian masyarakat menyebutnya, sebuah kawasan geothermal/panas bumi berupa muntahan air bercampur belerang yang membentuk gunungan kapur yang telah terbentuk dari ratusan tahun silam dengan asap putih yang terus menyembur dari perut bumi menyuguhkan pemandangan yang sungguh akan membuat takjub setiap orang.

Berbeda dengan kawah belerang yang ada di tempat lainnya, Kawah Nirwana menyemburkan asap belerang yang sama sekali tidak beracun dan berbau, sehingga kita dapat menyambangi surga tuhan ini dalam jarak radius 10 meter saja dari pusat semburan. Dengan stalaktit dan stalakmit yang menggantung di sisi tebing yang mengelilinginya menambah hiasan alam yang mempercantik lembah agung ini. Dinamakan Nirwana karena terdapat salah satu jenis pohon yang tumbuh dan tetap hidup di tengah-tengah gunungan kapur yang tepat bersebelahan dengan lubang semburan air panas belerang, warga sekitar biasa menyebutnya dengan pohon Wana, sehingga kawah ini diberi nama Nirwana. Selain itu terdapat kawah-kawah kecil lainnya yang tersebar di seantero wilayah Suoh maka oleh seorang fotografer Lampung Budhi Marta Utama, suoh disebut “lembah Seribu Kawah”.

Karena begitu amannya, banyak diantara penikmat keindahan yang membawa anak balitanya untuk sekedar rekreasi atau sebagai bahan pembelajaran bagi putra putrinya akan fenomena alam yang jarang ditemui ini. selain itu, suoh bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata alam yang murah, aman dan indah, karena tak butuh budget yang besar untuk bisa menikmati suguhan alam yang tak ternilai ini, dan sungguh semua yang kita keluarkan untuk mencapai tempat ini baik materi, tenaga dan usaha akan terbayar lunas dengan segala suguhan yang ada atau bahkan lebih dari apa yang kita harapkan.

SUOH menuju GEOPARK NASIONAL

Saat ini sudah dilakukan Road Map Menuju Geopark Nasional serta Unesco Global Geopark (UGG) Kaldera Suoh, berbagai tahapan sudah dilakukan dan terus dilakukan, akan banyak sekali konstribusi dari geopark dan geowisata. Dari persyaratan umum, potensi geologi Kaldera Suoh sebagai Geopark Nasional dan Global Unesco sudah memenuhi persyaratan.

Untuk mencapai suoh bisa ditempuh melalui dua akses :

  1. Melalui Liwa, tepatnya masuk dari Pekon (desa) Pekon Balak dan melintasi Pekon Sukabumi Batu Brak, dari Pekon Sukabumi membutuhkan sekira 1,5 jam perjalanan darat untuk sampai di Suoh dengan medan perjalanan naik turun gunung dan kondisi jalan yang sebagian masih harus berhati-hati.
  2. Melalui Kota Agung Kabupaten Tanggamus, banyak wisatawan dari Bandar Lampung, Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus yang memilih akses mencapai suoh melalui jalur ini, bisa ditempuh sekira 1,5 jam perjalanan dari Kota Agung Tanggamus, namun kondisi jalan agak lebih sulit dari akses melalui Liwa.

Amenitas       :   

Suoh merupakan destinasi wisata yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), amenitas yang tersedia semua dibawah tanggung jawab dari pihak TNBBS bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Terdapat 2 Pokdarwis di Suoh dan BNS, yaitu Jagat Endah Lestari dan Pokdarwis Tunas Harapan, semua amenitas pendukung


Author

visitlambar.com
Visitlambar.com

Visitlambar.com adalah Platform dan Marketplace yang menyajikan informasi secara lengkap mengenai Obyek Wisata, UMKM & Budaya yang ada di Lampung Barat.